Alur Registrasi Jalur Reguler Gelombang I 2019/2020

Rabu, 15 Mei 2019 00:00 WIB

PROSEDUR HER-REGISTRASI (DAFTAR ULANG)
MAHASISWA BARU JALUR REGULER GELOMBANG I
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
TAHUN AKADEMIK 2019/2020
 
 
Berkenaan dengan tahapan seleksi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang jalur Reguler Gelombang I tahun akademik 2019/2020, maka bagi saudara yang dinyatakan LULUS wajib melakukan Her-Registrasi (Daftar Ulang). Khusus Camaba Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) harus melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit UMM tgl. 20-25 Mei 2019. Jika sudah dinyatakan LULUS dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Prosedur dan tahapan daftar ulang adalah sebagai berikut:

 

1. Pengumuman Kelulusan (20 Mei 2019)

Pengumuman kelulusan dapat dilihat secara online melalui laman http://online.umm.ac.id atau melalui aplikasi android: MyUMM PMB yang dapat di-download di PlayStore.  Gunakan Email dan PIN Pendaftaran untuk melakukan login.

2. Pembayaran

Petunjuk pembayaran biaya Paket Her-Registrasi sesuai Program Studi masing-masing dapat dilihat melalui laman https://akademik.umm.ac.id menggunakan Nomor Peserta dan PIN Pendaftaran. Pembayaran dilakukan melalui beberapa bank, yaitu: Bank Jatim, BCA dan Bank Mandiri.  Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer dengan M-Banking , ATM atau melalui teller Bank terdekat saudara.

3. Pengisian Biodata Online

Pemberkasan dilakukan secara online dengan mengisi biodata lengkap sesuai form yang disediakan.  Lakukan pemberkasan online melalui laman http://akademik.umm.ac.id atau melalui aplikasi android: MyUMM PMB yang dapat di-download di PlayStore.  Gunakan Nomor Peserta dan PIN Pendaftaran untuk melakukan login. Lakukan pengisian data secara lengkap, benar, akurat dan jujur, karena data yang saudara isikan akan disimpan di database yang digunakan sebagai acuan dalam proses administrasi selanjutnya hingga saudara menyelesaikan studi di UMM. Kesalahan pengisian data menjadi tanggungjawab saudara sendiri.

Selanjutnya saudara diharuskan mengunggah beberapa berkas digital (scan atau foto), yaitu:

a. Berkas Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL).  Apabila ijazah belum diterima, untuk sementara harus mengunggah Surat Keterangan Lulus (SKL)
b. Foto/Screenshot Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
c. Kartu Keluarga.
d. Akte Kelahiran.
 
Bagi calon mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) yang sudah memperoleh ijazah, saudara dimohon menyerahkan fotokopi ijazah ter-legalisir (hard copy) sebanyak 3 (tiga) lembar yang diserahkan pada saat her-registrasi atau terakhir tanggal 9 September 2019 dapat dilayani di Kantor Biro Administrasi Akademik (BAA) Kampus III.
 
4. Unduh dan Unggah Surat Pernyataan
 
Unduh 2 berkas tersebut dan cetak untuk selanjutnya ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-. Selanjutnya saudara diharuskan mengunduh dan mengunggah kembali berkas digital, yaitu 2 (dua) Surat Pernyataan:
Surat Pernyataan Registrasi
Surat Pernyataan Mahasiswa UMM
Unduh 2 berkas tersebut dan cetak untuk selanjutnya ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-.  Setelah ditandangani, berkas terebut di-scan atau difoto untuk diunggah kembali.
 
Bagi calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) selain mengupload surat pernyataan tersebut saudara dimohon menyerahkan hard copy Surat Pernyataan Registrasi paling lambat tgl. 25 Mei 2019 dapat dilayani di Kantor Biro Administrasi Akademik (BAA) Kampus III.
 
5. Unggah Foto Resmi Untuk KTM
 
Jika sudah menerima Jas Almamater Unggah Pas Foto Diri Resmi menggunakan Jas Almamater dengan ketentuan sebagai berikut:
Laki-Laki: memakai jas alamamater, baju putih, dasi hitam UMM, background warna biru.
Perempuan: memakai jas alamamater, baju putih, dasi hitam UMM, background warna biru.
Perempuan Berjilbab: memakai jas alamamater, baju putih, jilbab putih, tidak berdasi,  background warna biru.
Ukuran pas foto 4x6 dengan ukuran file antara: 50 KB s/d 5 MB.
 
6. Pengambilan Jas Almamater
 
Jas almamater dapat saudara ambil dengan menunjukkan E-KTM melalui smartphone atau dicetak.  Pengambilan dapat dapat dilayani di Gudang Perlengkapan Kampus III (Area Hotspot Bawah Gedung Rektorat) sebelum Jadwal P2KK atau paling akhir tanggal 31 Agustus 2019.
 
7. Informasi Lain
 
Setelah saudara memperoleh NIM dan PIC, saudara dimohon mengunduh beberapa aplikasi berbasis android di PlayStore, yaitu:
1. MyUMM for Student (untuk mahasiswa)
2. MyUMM for Parent (untuk Orangtua/Wali)
Perkuliahan SMT Ganjil 2019/2020 akan dimulai tanggal 9 September 2019  (lihat Jadwal Kuliah di masing-masing Fakultas).
 
8. Peringatan
 
Bagi calon mahasiswa baru yang tidak melakukan proses her-registrasi (daftar ulang) dianggap mengundurkan diri.
Apabila ada pungutan di luar ketentuan yang tercantum di laman http://keuangan.umm.ac.id harap segera melapor ke Kantor Biro Administrasi Akademik (BAA) atau Kantor Biro Keuangan untuk klarifikasi.
 

Download Alur Pendaftaran Ulang

7. Tatacara Pengisian Formulir Registrasi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang  di akademik.umm.ac.id (Download)

Shared: